Selasa, 21 April 2015

CARA MEMBUAT .COM

Cara membuat .com atau istilah lainya nama domain. Sebelum membahas lebih jauh tentang .com atau nama domain, mari kita telusuri apa itu domain. Menurut situs Wikipedia, domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti webserver atau email server di jaringan komputer maupun jaringan internet. Fungsi dari nama domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain itu juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka rumit yang dikenal sebagai alamat IP / IP Addres. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari situs web seperti contohnya www.google.com. Nama domain disebut juga dengan istilah URL, atau alamat website.

Selain domain dengan akhiran .com, masih banyak domain yang mempunyai akhiran berbeda-beda seperti .net, .info, .org, .edu, .biz, .gov, dan lain lain baik domain maupun subdomain. Jika kita ingin membuat blog atau website maka kita harus memiliki nama domain dan domain sendiri pun ada yang gratis ada juga yang berbayar. Jika kita menginginkan domain berbayar kita cukup membeli sekali dalam satu tahun, sebenarnya lebih tepat menyewa dari pada membeli. Syarat lain untuk membuat blog / website yang harus dipenuhi selain domain adalah hosting, karena domain dan hosting merupakan syarat utama untuk mengonlinekan situs yang kita buat. Hosting sendiri istilahnya adalah tempat untuk menyimpan data data situs web kita diserver. Seperti halnya dengan domain, hosting ada yang gratis, ada juga yang berbayar. Sistemnya sama juga dengan domain yakni sewa.

Cara membuat .com yang paling mudah menurut saya adalah, kita membuat blog dahulu dengan blogspot kemudian kita cukup menyewa domain .com tanpa harus menyewa hosting, karena kita menggunakan hosting gratis yang disediakan oleh blogger.com (blogspot). Tentunya hosting gratis mempunyai kekurangan bila dibandingkan dengan hosting berbayar. Namun apabila ingin membuat website secara profesional disarankan untuk memiliki hosting dan domain secara pribadi / bukan yang gratis, karena kita bisa mengubah sesuaikan website kapanpun alias full control. Banyak sekali program program untuk membuat website seperti wordpress, adobe dreamweaver, microsoft frontpage, atau php designer.

Demikian sedikit pembahasan cara membuat .com / nama domain. Untuk mengetahui daftar harga harga domain bisa dicari di google atau tempat yang menjual domain baik secara online maupun offline. Semoga membantu.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar